medela breast pump

Go Pumping!

Buat mommy yang baru melahirkan, pompa ASI bisa dibilang menjadi barang wajib yang kudu dibeli. Meskipun mommy menyusui baby-nya secara langsung, air susu tetap perlu dipompa. Misalnya bila mommy menyusui dengan PD (payudara) kiri, setelah menyusui sebaiknya PD kanan dipompa agar produksi ASI seimbang.

Buat saya, pompa ASI sudah jadi alat perjuangan nomer 1. Tiap pergi, segembolan tas berisi peralatan mompa ini selalu saya bawa-bawa. Gara-gara masalah Flat Nipple, akhirnya rela hanya menjadi mommy e-ping (Exclusive Pumping). Di periode awal, memompa ASI dilakukan 3 jam sekali. Pegel dan bosen? jangan ditanya…. Awalnya saya dianjurkan pompa menggunakan tangan oleh konsultan laktasi. Satu minggu sih masih oke buat mompa menggunakan tangan, itung-itung olahraga. Tapi setelah lewat beberapa minggu, terpaksa angkat tangan. Selain pegal, lemot (dulu bisa 2 jam), lecet sana sini di PD..hadeuuh…. serasa born to pump!

Akhirnya setelah bertahan 2 minggu tanpa pompa ASI, saya mencoba Medela Harmony, pemberian kakak ipar. Hasilnya ternyata ngefek banget! Setelah itu, saya menjadi terobsesi untuk cari tahu mengenai segala jenis pompa. Tiap hari kerjaannya browsing tentang pompa dan akhirnya nyoba beberapa macem jenis pompa.

Pigeon Breast PumpPigeon Breast Pump

Ini memoriam jaman lahiran Kevin dulu, saya pakai pigeon yang pump-nya kayak balon. Kalau gak salah bentuknya mirip kayak disamping ini cuman seinget saya sih warnanya merah dan ada konektor ke botolnya (cari di google gak nemu gambarnya, mungkin karena udah 5 tahunan jadi produknya dah gak diproduksi lagi heheheh). Review saya untuk pompa pigeon yang ini:

Bau karetnya berasa banget dan pegel karena mencet balonnya manual dan perlu tenaga ekstra. Karena bau ini, saya sok tau sirem karetnya pake air panas, niatnya buat ilangin baunya. Alhasil seudah itu bunyi nya kayak hidup segan mati tak mau, teot teot gitu… tarikannya jadi gak enak. Tapi sempet bertahan sekitar sebulan, sebelum akhirnya ganti ke Little Giant. Tapi dari segi harga, ekonomis banget.

Belakangan pernah baca, katanya pompa seperti ini sebenernya gak boleh untuk pompa ASI karena ASI yang masuk ke karetnya ini gak bagus buat bayi.

Little Giant electric breast pump

Little Giant Mini Electrical Breast Pump

Setelah berpegel ria dengan Pigeon manual, berasa enak banget pake Little Giant ini. Pompa ini jadi sobat setia sampe usia Kevin sekitar 6 bulan, karena waktu itu belum banyak tau tentang pumping jadi setelah 6 bulan, ASI nya udah gak keluar lagi. *nyesel

Review tentang pompa ini:

  • Gak pegel karena meski tombol dipencet manual dengan sistem teken dan lepas, gak perlu banyak effort
  • Bisa dibawa kemana-mana karena bentuknya gak ribet
  • Bisa pake batere ataupun listrik
  • Gak terlalu berisik
  • Ukuran corongnya harus sesuai. Saya punya sering berdarah kalau terlalu lama mompa, kayaknya karena corongnya gak pas ukurannya dengan PD nya. Jadi mompa nya gak maksimal.
  • Bisa diatur daya hisapnya, dari yang geli-geli doang, sampe yang kayak vacuum cleaner heheheh
  • Harga dikisaran menengah, gak murah tapi gak terlalu mahal, sekitaran Rp. 200-300 rb an
  • Partnya bisa dicopot-copot (selain part mesin) jadi gampang nyuci-nya. Semua bagian bisa dibersihkan dengan mudah
  • Service Centernya jauh dari lokasi saya (kalau gak salah di daerah kota) dan buka cuman senin-jumat di jam kerja. Jadi kalau mau service, harus bolos kerja dulu hehehehe.

Berkaitan sama service center yang jauh, gak tau kenapa pas pake little giant di lahiran Chrysant, pompanya gak narik. Padahal baru beli. Bunyinya sih sama tapi tarikannya gak berasa. Tadinya dipikir karena pake batere, jadi kurang bagus. Tapi setelah dicoba pake listrik dibeberapa tempat juga sama. Dan karena males ke service center, akhirnya pompa ini nganggur sampai sekarang.

Medela Harmony

Ini sang juara. Dulu gak kepikiran mencoba Medela karena harganya cukup berat di kantong hehehehe. Tapi berhubung dapat warisan dari kakak ipar dan kondisinya masih baru banget (cuman dipake beberapa kali), nyobalah si Harmony ini.

medela_medela-harmony medela harmony assembly

Review untuk pompa ini:

  • Enak banget dipakenya
  • Ada dua fase hisapan, buat ngerangsang LDR sama untuk mompa setelah air susu lancar
  • Semua part bisa dicuci dan disteril (tapi gak disarankan buat steril in karet di bagian tuasnya. Soalnya pengalaman saya, karetnya jadi cepet robek dan beli lagi harganya bikin nangis bombay – Rp.175rb an)
  • Semua partnya bisa dibeli di Medela Service Center (lokasinya di kelapa gading)
  • Ada testernya. Bisa nyoba dulu contoh pompa yang sesuai di Service Centernya. Jadi bisa tau mana yang cocok produknya.
  • Corongnya ada beberapa ukuran (bawaan dari asalnya corongnya dari silikon tapi saat beli lagi udah ga ada, adanya yang dari plastik keras. Awalnya sih berasa enakan yang silikon tapi lama-lama sih biasa)
  • Harganya agak mahal. Untuk yang Harmony ini di toko sekitaran Rp. 500rb-an

Secara keseluruhan sih menurut saya produk Medela emang berkualitas, mulai dari botol, dot, sampe tutupnya emang bagus kualitasnya. Cuman untuk botolnya karena agak tebel bahannya, kalau ngangetin ASI di warmer lama banget angetnya hehehe…yang ada si dede udah meraung-raung karena ASI nya gak anget-anget.

Untuk pompa ini sebenarnya ada free dot bentuk Medela Calma yang katanya inovasi baru karena bentuk hisapannya mirip ke PD ibu. Cuman belum sempet dipake hehehehe…padahal kalau beli harganya bisa Rp. 200rb-an. ^^

Medela-Calma

Medela Swing

Beli pompa ini sebenernya gara-gara tergoda review dari internet ^^. Gara-garanya tuas si Medela Harmony robek (pelajaran, jangan sering-sering nge-steam karet yang nempel dituas, jadi gampang rusak!) akhirnya beli pompa Swing ini.

Review tentang pompa ini:

  • Dari segi mesin sih cukup halus bunyinya.
  • Yang pasti gak pegel karena tinggal diem, dan bisa diset tarikannya.
  • Pompa ini juga memiliki 2 fase hisapan seperti si Harmony. Dan bisa diatur daya hisapannya. Cuman entah kenapa, buat saya tarikannya ini kurang pol aja. Jadi air susunya gak mengalir sederas pakai harmony.
  • Bisa pakai batere maupun listrik
  • Spare part corongnya sama dengan Harmony, jadi bisa gantian
  • Harganya gak asyik, sekitar Rp.1,5 jutaan (agak nyesel setelah beli, karena akhirnya jarang dipake)

medela swing

Medela Mini Electric

Sering disebut sebagai si ‘minel’, sebenernya di internet banyak banget yang merekomendasikan pompa ini. Saya sendiri cuman nyoba sekali, warisan dari kakak ipar. Cuman karena bunyinya cukup heboh, sedangkan saya sering mompa di tengah malam. Akhirnya si minel ini pengsiun dini. Tapi dari segi tarikan sebenernya cukup enak. Dan seperti si Swing, si minel ini bisa pakai batere dan listrik.

medela mini electric

Notes:

Alamat Service Center Medela Kelapa Gading

B&A mother & Baby care. Komplek Ruko Plaza Pasifik Blok B 2 / No. 25. Jl. Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading. Telp : 4522249. (kompleknya deket MOI)

Jam buka senin-sabtu (sabtu setengah hari)

2 Responses to "Go Pumping!"

  1. Bunda sulthan
    Bunda sulthan 405 days ago .Reply

    Aku abis beli little giant juga..eh penyakitnya sama…ga narik..padahal abru seminggu pake…

    • henny indrianty
      henny indrianty 404 days ago .Reply

      Waaa…sayang banget ya, Bun. Sepertinya dari daya listrik ada pengaruh juga. Sejauh ini sih aku paling suka medela, cuman mahal huhuhu….tapi sejauh ini ASI nya cukup lumayan karena pumpingnya nyaman. Happy pumping ya, Bun! Semoga ASI nya lancar terus :)

Leave a Reply


Warning: fsockopen() [function.fsockopen]: php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/sloki/user/h72995/sites/red-circles.com/www/wp-content/plugins/sweetcaptcha-revolutionary-free-captcha-service/library/sweetcaptcha.php on line 81

Warning: fsockopen() [function.fsockopen]: unable to connect to www.sweetcaptcha.com:80 (php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known) in /home/sloki/user/h72995/sites/red-circles.com/www/wp-content/plugins/sweetcaptcha-revolutionary-free-captcha-service/library/sweetcaptcha.php on line 81